Pemkab Jember Mulai Pakai Kendaraan Listrik, Dalam Waktu Dekat Akan Bangun 2 SPKLU

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Pemkab Jember Mulai Pakai Kendaraan Listrik, Dalam Waktu Dekat Akan Bangun 2 SPKLU

Foto: Bupati Jember Hendy Siswanto saat melakukan peninjauan kendaraan listrik, Kamis (10/11/2022).

JEMBER, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten Jember, akan memakai motor listrik sebagai kendaraan operasional di sejumlah OPD.

Selain itu, Pemkab Jember juga akan membangun 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai pelepasan rombongan Touring Kendaraan Bermotor Listrik menuju ke Pulau Bali terkait kegiatan G20, Kamis (10/11/2022).

“Dalam beberapa waktu ke depan, diwilayah Jember akan dibangun 2 SPKLU. Nantinya kita dibantu pihak swasta,” ucap Hendy.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Jember Jadi Atensi

“Nanti Insya Allah (dibangun) di depan Kantor Telkom satu atau GOR, dan Samping Pemkab Jember ini. Agar mudah dijangkau,” imbuhnya.

Untuk program pemerintah pusat, yakni kendaraan motor dan mobil listrik, kata Hendy, harus terus didukung dan selalu mengikuti perkembangan teknologinya.

“Nah kendaraan listrik ini, adalah upaya mendukung program pemerintah pusat. Meyakinkan masyarakat secara luas, bahwa dengan memakai mobil (kendaraan) listrik itu dapat menghemat energi. Untuk menuju langit biru (bersih) dengan mengurangi emisi gas,” ujarnya.

Saatnya beralih penggunaan bahan bakar fosil ke listrik, adalah upaya menuju lebih baik. Jember saat ini, yang juga dilewati rombongan kendaraan listrik untuk kegiatan G20. Maka menjadi sebuah kesempatan, agar masyarakat Jember bisa memakai kendaraan listrik.

Baca Juga:  Sejumlah Mahasiswa FEB Unej Turun Jalan, Protes Pelaksanaan Pemilu Raya

“Nantinya tentu secara bertahap kita bisa beralih,” sambungnya.

Perlu diketahui, saat ini Pemkab Jember sudah mempunyai 9 motor listrik. Diantaranya, 7 motor di Dinas Perhubungan (Dishub) Jember. Kemudian di Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) 2 motor. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment