Bupati Hendy Serahkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Award Kabupaten Jember 2023

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri

Caption: Bupati Jember Hendy Siswanto saat menyerahkan penghargaan kepada pemenang KIP Awards 2023.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Pemkab Jember, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, menyerahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2023.

Dalam penyerahan penghargaan itu, juga sekaligus melaunching Portal Jember Satu Data, yang bertempat di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa (12/12/2023).

Terkait dengan penganugerahan KIP Awards itu, Diskominfo Jember juga menggandeng beberapa organisasi media yang ada di Kabupaten setempat.

Sebelumnya, Kabupaten Jember belum lama ini mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Jawa Timur yaitu predikat informatif. Kemudian, naik ke peringkat 5 setelah tahun lalu mendapat predikat menuju informatif, dan berada pada peringkat 11.

Baca Juga:  Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Pemkab Jember Kerahkan Semua OPD

Kepala Diskominfo Jember Bobby Arie Sandy menyampaikan, penganugerahan award tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Jember.

“Sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penganugerahan ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Jember, kepada para kepala OPD, camat, lurah, dan kepala desa, yang telah melaksanakan keterbukaan informasi publik,” ujar Bobby.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan, Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan program dari Pemkab Jember 2023.

“Hal ini adalah bentuk wujud konkret dari pemkab jember untuk menyampaikan satu informasi pelayanan publik terbuka. Setia OPD ini ada informasi apa sih?. Maka dari itu, semakin terbuka, itu semakin bagus. Serta terkait informasi-informasi itu semakin banyak masyarakat yang tahu,” beber Bupati.

Baca Juga:  613 ASN di Jember Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya

Sehingga, lanjut Bupati, keterbukaan informasi menjadi sangat penting, Serta kegiatan kali ini merupakan wujud konkret keterbukaan pelayanan publik di Kabupaten Jember.

“Tentunya kakau informasi terbuka, pastinya ada banyak masukan, ini termasuk dari bagian melengkapi dan menyempurnakan perihal yang kurang terkait dengan layanan informasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Hendy mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan KIP Award 2023.

“Tahun depan, akan kami upayakan keterbukaan informasi publik secara merata di setiap OPD, kecamatan, kelurahan hingga desa, dengan begitu KIP di Jember semakin mantab, dan bisa meningkatkan etos kerja,” pungkasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment