Menjelang Tahun Politik, Diskominfo Bondowoso Perketat Jaringan Cyber

0 Komentar
Reporter : Slamet Wahyudi

Foto: Kapala Dinas Kominfo Kabupaten Bondowoso, Gazal Rawan, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

BONDOWOSO, (WARTA ZONE) – Menjelang Tahun Politik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bakal memperketat Jaringan Cyber. Hal itu dilakukan agar pesta demokrasi bisa berjalan dengan tenang tanpa adanya hujatan, atau berita hoax.

Kepala Diskominfo, Gazal Rawan menjelaskan, pihak Kominfo tengah bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk memperketat jaringan Cyber, upaya tersebut Untuk menjaga dan memantau penggunaan media sosial, sehingga tidak ada berita yang mengandung unsur sara.

“Masuk tahun politik ini kita maksimalkan pemanfaatan tim Respon Insidensi Cyber,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (25/8/2023).

Dirinya mengakui, pihak Kominfo telah menjalin kerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) didalam memantau penggunaan media sosial.

Baca Juga:  Perketat Jaringan siber, Pemkab Bondowoso Luncurkan bondowosoKab-Csirt

Kemudian, ia menegaskan apabila nanti muncul pemberitaan atau postingan yang dinilai mengandung unsur sara hujatan maupun ujaran kebencian, pihaknya bersama dengan jajaran Tim Cyber segera menindaklanjuti.

“Jadi sekiranya nanti ada tayangan atau berita Hoax, tim inilah nantinya akan menindaklanjuti dan segera merespon secara aktif,” tutupnya.

Seperti diketahui, Dinas Kominfo memiliki Aplikasi SPAN-LAPOR bagi masyarakat yang hendak melaporkan tindak isu sara, ujaran kebencian maupun berita hoax. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment