NU Lenteng Barat Luncurkan Program BBS di Hari Santri

0 Komentar
Reporter : Panji Agira

Foto: Nahdlatul Ulama Lenteng Barat, saat menggelar istigasah santri sebagai rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023.

SUMENEP, (WARTA ZONE) – Nahdlatul Ulama Lenteng Barat memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023. Giat program diperayaan hari santri nasional diberi nama Bulan Bakti Santri (BBS).

Ketua NU Lenteng Barat, K.M. Sukran Hamidy menyampaikan, santri harus terus mengabdi, mengabdikan dirinya pada agama dan bangsa.

Oleh karenanya dalam momentum hari santri nasional tahun 2023 ini, dikemas dengan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Hal ini kami lakukan agar kebermanfaatan dari program NU dirasakan oleh masyarakat umum,” kata K.M. Sukran Hamidy.

Dalam sambutannya, Kiai Sukran menyampaikan beberapa program berupa bakti sosial. Diantaranya, bantuan produktif hewan ternak kepada masyarakat prasejahtera, bantuan konsumtif berupa voucher sembako kepada masyarakat prasejahtera, perbaikan kaki jembatan di dusun Angsanah 1, bersih-bersih fasilitas umum dan pemberian jam dinding kepada 20 masjid yang ada di Lenteng Barat.

Baca Juga:  RSUD Moh Anwar Sumenep Bersolek Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-78

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dari bulan Oktober sampai Desember 2023. Kegiatan tersebut akan dijadikan program bersama NU Lenteng Barat bersama Banom NU.

Kiai Sukran mengajak semua banom untuk bergerak bersama. Melibatkan Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU dan IPPNU. Dengan adanya program kolaboratif eksistensi NU di tingkat desa akan lebih terasa.

“Kami sudah berkoordinasi dengan semua pengurus banom agar ke depan dapat bersinergi agar kebermanfaatan NU lebih terasa oleh masyarakat. Bukan sebatas perkumpulan yasinan, tahlil dan sholawatan. Melainkan ada progam pemberdayaan. Kita awali dengan Kegiatan Istigasah santri malam ini. Kita rayakan bersama seluruh keluarga besar NU Lenteng Barat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kurangi Beban Masyarakat, Bupati Sumenep Salurkan Beras kepada 121.137 Penerima

Ia menambahkan bahwa tidak lanjut dari rapat perdana bersama banom akan diadakan rapat koordinasi bulanan keluarga besar NU Lenteng barat. Di dalamnya terdiri dari Pengurus Ranting NU dan semua banom yang ada.

Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Santri tersebut disampaikan dalam kegiatan istigasah santri sekaligus kick off kegiatan Bulan Bakti santri. Kamis, 26 Oktober 2023.

Di akhir acara juga dilaksanakan peresmian kantor NU Lenteng Barat oleh Ketua MWC NU Lenteng K. Moh Saleh Hasan didampingi semua pengurus MWC NU Lenteng yang hadir yakni Rois Syuriah, Wakil Rois Syuriah, Mustasyar MWC NU dan jajaran Wakil Ketua Tanfidziah MWC NU Lenteng.

Baca Juga:  Gerak Cepat Polisi di Sumenep Bantu Evakuasi Warga Kepulauan Berobat ke RSUD Moh Anwar

Kiai Moh Saleh mengapresiasi program sosial kemasyarakatan yang direncanakan oleh NU Lenteng Barat bersama Banom NU.

Pihaknya juga berterima kasih karena NU Lenteng barat yang terus berbuat untuk masyarakat, bangsa dan negera.

“Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada NU Lenteng Barat yang telah merancang kegiatan sosial kemasyarakatan dan memiliki Kantor,” sebut Kiai Moh Saleh. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment