Dua Tahanan Kabur di Polsek Tanggul, Sejumlah Polisi Diperiksa Propam Polres Jember

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Tahanan Polsek Kabur di Jember, Satu Pelaku Menyerahkan Diri ke Polisi

Foto: Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo saat konferensi Pers di Mapolres Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Dari kejadian kaburnya dua orang tahanan kabur di Mapolsek Tanggul, Selasa siang (27/12) kemarin, setidaknya ada empat orang anggota polisi yang diperiksa di Propam Polres Jember.

Pemeriksaan itu dilakukan, pasalnya terkait kejadian kaburnya dua orang tahanan tersebut. Diduga ada kelalaian dari para anggota polisi di Mapolsek Tanggul.

Menurut Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, pemeriksaan terhadap empat orang anggota polisi itu, untuk mendalami kasus dugaan kelalaian yang dilakukan anggota polisi di Mapolsek Tanggul saat bertugas.

Baca Juga:  Mencegah Terjadinya Banjir, Gubernur Jatim Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarangan

“Terkait kasus ini, karena diduga ada kelalaian petugas. Ada 4 orang anggota kami yang diperiksa termasuk Kapolsek Tanggul. Untuk 3 orang anggota itu, adalah yang saat kejadian melakukan penjagaan di mapolsek,” kata Hery saat dikonfirmasi di Mapolres Jember, Kamis (29/12/2022).

Menurut Hery, terkait pemeriksaan yang dilakukan terhadap empat orang anggota polisi itu. Untuk mendalami dugaan kelalaian petugas.

“Sehingga mengakibatkan kejadian tahanan kabur ini,” ucapnya.

Terkait SOP yang dilakukan oleh anggota polisi saat menjaga ruang tahanan, sudah jelas bahwa harus melakukan pengawasan secara ketat.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem, 4 Perahu Nelayan Puger Jember Karam Diterjang Ombak

“Karena setiap tahanan itu, wajib diawasi setiap saat dihitung jumlahnya, apabila ada pembesuk atau tidak ada. Keluar masuk ini harus didata,” tegasnya.

Hery juga menyampaikan, belajar dari kejadian kaburnya dua orang tahanan di Mapolsek Tanggul. Pihaknya saat ini juga melakukan evaluasi terkait kinerja dari anggota polisi yang bertugas di Polsek Tanggul.

“Kita saat ini juga melakukan evaluasi SOP terkait pengamanan di situ (Polsek Tanggul), agar tidak ada kejadian ini terulang. Termasuk tempat besuk yang menjadi tempat tahanan kabur itu,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment