Di Peringatan HUT Kota Gunungsitoli, Bupati Nias Akui PDRB Gunungsitoli

0 Komentar
Reporter : Widia Natalia Daeli
Foto: Bupati Nias, Ya'atulo Gulo saat menyampaikan sambutan pada perayaan HUT Kota Gunungsitoli ke 346 Tahun 2024.

Foto: Bupati Nias, Ya'atulo Gulo saat menyampaikan sambutan pada perayaan HUT Kota Gunungsitoli ke 346 Tahun 2024.

GUNUNGSITOLI, (WARTA ZONE) – Hari ini, Kota Gunungsitoli genap memasuki usia 346 tahun dan diperingati di Taman Ya’ahowu dengan mengusung tema “Gunungsitoli Terus Bertumbuh”.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli, yang dimana setiap tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gunungsitoli.

“Atas nama forum kepala daerah se-Kepulauan Nias, kami mengucapkan selamat hari jadi Kota Gunungsitoli yang ke 346, semoga seluruh cita-cita serta impian Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat diwujud nyatakan dengan harapan kelak akan memberikan dampak positif bagi kita semua,” ucap Ketua Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, Ya’atulo Gulo.

Baca Juga:  Bupati Nias Hadiri Rapat Paripurna Penyerahan Nota Pengantar LKPJ

Ia berpandangan, tema HUT yang diusung saat ini sejalan dengan kondisi Kota Gunungsitoli yang terus bertumbuh.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Gunungsitoli harus kita akui leading (terkemuka) di Kepulauan Nias. PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) per kapita Kota Gunungsitoli menurut data yang kami amati kurang lebih 46 juta per kapita pertahun,” ungkap Ya’atulo yang juga Bupati Nias.

“Ini kontras dengan kabupaten lain yang ada di Kepulauan Nias yang range (jangkauan) 28-36 juta per kapita pertahun karena Kota Gunungsitoli adalah kota perdagangan,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemkab Nias Selenggarakan Rembuk Stunting

Ya’atulo pun berharap, Kota Gunungsitoli akan menciptakan masyarakat urban yang modern, yang ditandai dengan warganya yang rasional, kerja keras dan bertindak melalui prinsip-prinsip ekonomi.

Sementara itu, Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli dalam penyampaiannya mengatakan, berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli, peringatan HUT akan diawali dengan sidang paripurna DPRD Kota Gunungsitoli.

Melalui perayaan ini, Sowa’a menuturkan jika sudah saatnya di era kita saat ini kolaborasi dan sinergitas menjadi kekuatan dalam mewujudkan Kota Gunungsitoli yang terus bertumbuh kearah yang lebih baik.

Baca Juga:  Bupati Nias Bangkitnya Semangat Membangun Daerah Lewat Momentum BBGRM

“Melalui HUT Kota Gunungsitoli ke 346 Tahun 2024, pada kesempatan ini Kota Gunungsitoli me-launching pemberian 100 beasiswa kepada masyarakat Kota Gunungsitoli yang kuliah di Universitas Nias Tahun ajaran 2024/2025,” ucap Sowa’a.

“Kita berharap Forkada juga akan memperjuangkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) kuliah untuk mahasiswa yang kuliah diberbagai perguruan tinggi di Indonesia,” tandasnya mengakhiri. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment