Tergolong Kemiskinan Ekstrim, Pelajar SD dan SMP di Nias Terima Bantuan Perlengkapan Sekolah

0 Komentar
Reporter : Widia Natalia Daeli

Foto: Bupati Nias Ya'atulo Gulo saat menyerahkan bantuan kelengkapan sekolah kepada pelajar di SMP Negeri 1 Gido.

NIAS, (WARTA ZONE) – Bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Nias menekan angka kemiskinan ekstrim, para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) diberikan bantuan perlengkapan sekolah, Sabtu (6/1/2024).

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Kharisman Halawa, bantuan tersebut bersumber dari dana insentif fiskal kinerja tahun berjalan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2023.

“Adapun siswa penerima manfaat yang terdiri dari siswa SD dan SMP di masing-masing wilayah kecamatan di Kabupaten Nias telah ditetapkan sesuai dengan data hasil verifikasi dan validasi yang telah disampaikan oleh masing-masing kepala sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias pada Desember tahun 2023,” jelasnya saat berkunjung di SMP Negeri 1 Gido.

Baca Juga:  Bupati Nias Instruksikan Camat dan Kades Jadi Garda Terdepan Cegah Stunting

Sementara itu, Bupati Nias Ya’atulo Gulo pada penyampaian arahannya merasa prihatin atas kondisi warga yang masih tergolong dalam kemiskinan ekstrim.

“Saya melihat bahwa di Kabupaten Nias masih banyak siswa yang membutuhkan perlengkapan sekolah dan tergolong dalam kelompok keluarga kemiskinan ekstrem. Saya minta kepada seluruh siswa untuk terus belajar agar masa depan menjadi lebih baik, raihlah prestasi sebanyak-banyaknya agar kalian dapat menjadi manusia yang berkualitas dan bermanfaat. Manfaatkanlah bantuan ini agar menambah motivasi dan semangat untuk belajar,” ucap Ya’atulo.

Baca Juga:  Pilkada Nias Telan Anggaran 32 Milyar

“Saya berpesan kepada bapak dan ibu guru untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Nias melalui aktivitas belajar mengajar,” imbuh orang nomor satu di Kabupaten Nias itu.

Adapun bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Nias kepada siswa SD yakni, pakaian seragam warna merah-putih, topi SD warna merah-putih, dasi SD, kaos kaki warna putih dan sepatu warna hitam.

Sedangkan bantuan untuk perlengkapan siswa SMP antara lain, pakaian seragam SMP warna biru-putih, topi SMP warna biru-putih, dasi SMP, kaos kaki warna putih dan sepatu warna hitam. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment