Dampak Gempa di Kabupaten Malang, Rumah Seorang Nenek di Jember Ambruk

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Kondisi rumah Bu Lima, warga Dusun Karanganyar, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember, yang dampak dari guncangan gempa bumi.

Foto: Kondisi rumah Bu Lima, warga Dusun Karanganyar, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Jember, yang dampak dari guncangan gempa bumi.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Bencana alam berupa gempa bumi yang terpusat di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berkekuatan magnitudo 6,7 skala richter dan kedalaman 25 km, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB, terasa hingga ke Kabupaten Jember. Dampaknya rumah seorang nenek mengalami ambruk dan rusak berat.

Diketahui, nenek tersebut bernama Lima umur 93 tahun warga Dusun Karanganyar, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi. Dengan luas rumah yang berukuran 9×6 rusak berat akibat guncangan gempa bumi.

Menurut Keponakan Nenek Lima, Sujai mengatakan saat guncangan gempa siang tadi, Nenek Lima berada di dalam rumahnya sendirian.

Baca Juga:  Tragedi Ritual Maut di Pantai Payangan, Polres Jember Amankan Pimpinan Padepokan Tunggal Jati Nusantara

“Saat guncangan gempa yang pertama masih terasa kecil, mbak saya berlari menyelamatkan Bu Lima yang berada di dalam rumahnya (Bu Lima). Setelah beberapa saat di gendong keluar, rumahnya langsung ambruk,” ucap Suja’i saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Sabtu (10/4/2021).

Saat guncangan gempa semakin keras, rumah Bu Lima langsung ambruk, karena guncangan gempa yang kedua semakin keras, rumah Bu Lima langsung ambruk.

“Alhamdulillah selamat tidak ada korban, tapi rumahnya sudah hancur dan rusak berat. Dan juga ini sedang dibantu bersama warga untuk dibersihkan dan di pilih bahan bangunan yang masih bisa dipakai lagi nantinya. Seperti batu bata, genteng-genteng dan kayu,” lanjutnya.

“Kebetulan saya keponakannya yang tinggal serumah dengan Bu Lima sejak kecil. Kami bersaudara ada lima orang, tapi sudah meninggal semua. Tinggal Bu Lima sendiri di rumah ini. Semoga nantinya ada bantuan,” sambungnya.

Baca Juga:  Batu Aneh ditemukan di SMPN 1 Mayang Jember

Terpisah, Plt. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Jember Penta Satria menyampaikan, terkait dampak gempang yang berpusat di Kabupaten Malang. Data dampak kerusakan yang ada di wilayah Kabupaten Jember masih terus di update (diperbaharui).

“Dari data yang dihimpun untuk kerusakan di Kabupaten Jember, per pukul 4 sore tercatat ada 1 rumah rusak berat, 7 rumah rusak sedang, 6 rumah rusak ringan, dan 1 Masjid rusak sedang,” paparnya.

“Untuk korban akibat gempa bumi itu, ada 2 warga yang terluka, Yakni Satrani umur 50 tahun warga Dusun Kaliputih, Desa Sumber bulus, Kecamatan Ledokombo, luka pada bagian kepala karena kejatuhan pohon pinus. Kemudian satu lagi korban luka ringan pada bagian lengan sebelah kiri, Ibu Sutihah umur 80 tahun, warga Dusun Karanganyar, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi,” jelasnya.

Baca Juga:  Jelang Pergantian Tahun Baru, Begini Imbauan Bupati Jember

Selanjutnya, untuk data masih terus di perbaharui oleh Tim BPBD Kabupaten Jember. nantinya masih akan terus dipantau. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment