Wisata Pantai Watu Ulo dan Papuma Jember Uji Coba Tiket Gratis

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Wisata Pantai Watu Ulo dan Papuma Jember Uji Coba Tiket Gratis

Foto: Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Kepala Divisi Perum Perhutani Regional Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya tandatangani kesepakatan pengelolaan wisata terpadu (Pantai Papuma dan Watu Ulo).

JEMBER, (WARTA ZONE) – Pemkab Jember bersama Perhutani menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas uji coba tiket masuk gratis ke lokasi wisata Pantai Watu Ulo dan Papuma, Kamis (14/4) kemarin.

Nantinya untuk uji coba tiket masuk gratis itu, direncanakan sebulan penuh. Mulai awal libur Lebaran 1443 H/2022.

“Adanya pembahasan ini, kita ingin menghapus persepsi masyarakat, watu ulo dan papuma wisata termahal di wilayah Jawa Timur. Ini kita akan menghapus image ini, dengan cara akan kita uji selama satu bulan,” kata Sekda Jember Mirfano saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Senin, 18 April 2022.

Nantinya selama satu bulan, kata Mirfano, ada mekanisme dan regulasi yang diatur dengan sedemikian rupa.

“Tidak serta merta satu bulan ini hanya sekedar gratis biasa gitu. Satu bulan ini dalam rangka menghitung, mengkalkulasi, melakukan survei dan melakukan kajian. Kira-kira bagaimana potensi dari 2 wisata yang harus di integrasi ini,” ujarnya.

Baca Juga:  H-1 Lebaran, Bupati Jember Bersama Jajaran Forkopimda Keliling dan Pantau Persiapan Angkutan Mudik

“Nantinya dari rakor ini tidak hanya ada kegiatan tanpa resiko ya. Tapi kita kumpulkan juga teman-teman dari kepolisian TNI, dan juga Dinas terkait (termasuk anggota DPRD Jember). Jadi dibahas lebih lanjut pada rapat-rapat selanjutnya,” imbuhnya.

Terkait pengelolaan dua pantai eksotis yang hanya ada di Jember itu. Apakah ada kompensasi kepada Perhutani?.

Mengingat pengelolaan Wisata Papuma di bawah Perhutani, dan Pantai Watu Ulo dikelola Pemkab Jember.

“Pihak perhutani sudah bersedia (terkait pembahasan rencana dalam Rakor), suratnya baru hari ini turun. Makanya hari ini kita sampaikan,” ujarnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Sekda Jember. Kepala Divisi Perum Perhutani Regional Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya mengatakan beberapa hal terkait pengelolaan wisata.

Baca Juga:  Bupati Hendy Kukuhkan Kepengurusan Karang Taruna Jember

“Kalau mengelola wisata, itu ada Low Season, dan ada Peak Season. Sebenarnya kita hidup di Peak (Season), artinya bisa mensubsidi pada saat Low Season. Ini (konsep ekonomi) di hotel, di warung, sama sebenarnya,” kata pria yang akrab dipanggil Iwan ini saat dikonfirmasi terpisah.

Sehingga terkait rencana uji coba tiket masuk gratis lokasi wisata Pantai Watu Ulo dan Papuma.

Nantinya akan dibahas lebih lanjut secara spesifik pada rapat koordinasi berikutnya.

“Nah kami lebih spesifik lagi khusus di wisata. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya (saat rakor). Ada petugas cleaning, kesehatan, protokol, kita mesti jaga itu. Dan yang paling penting safety, baik gunung, laut, apalagi di jumlah (pengunjung) yang besar,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Jember dan Paguyuban Saras Bagikan Ribuan Daging Kurban

“Tadi pak polisi sudah memberi sinyal, teknis dari DPRD, ada gladi kotor dan gladi bersih. Tentu hal ini kami di Perhutani juga ada yang namanya asuransi. Nah ini yang bayar siapa dan bagaimana, karena ini juga nanti perlu dibicarakan lebih detail,” imbuhnya.

Terkait kesepakatan soal uji coba tiket masuk gratis selama sebulan di dua lokasi wisata pantai itu. Diakui oleh Iwan juga sudah diterima dalam bentuk surat kesepakatan.

“Surat sudah ada di kita, dan dipelajari dulu. Nanti di tim teknis ini dalam hari-hari ini terus akan berproses. Tadi ada ide bagus, kalau ada investor atau iklan yang bisa menjadi sponsor. Nantinya kita hitung kalkulasinya seperti apa,” sebutnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment