Pemkab Sumenep Sambut Idul Fitri 1441 Hijriah, Lewat Gema Takbir Online

0 Komentar

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, saat menggelar acara takbir online, di Pendopo Agung Sumenep. (Foto: Humas Pemkab Sumenep)

SUMENEP, (WARTA ZONE) — Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar takbir online untuk menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah.

Gema takbir yang diikuti oleh jajaran Forkopimda itu digelar secara virtual dengan membawa spirit keagamaan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Di malam kemenangan ini, kami memang tidak mengadakan takbir keliling layaknya tahun sebelumnya. Menyambut kedatangan hari raya Idul Fitri 1441 H kami tetap fokus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucap Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, dalam teleconference dengan OPD setempat di Pendopo Agung, Sabtu (23/5) malam.

Baca Juga:  Sumenep Berlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Mikro Tingkat Desa dan Kelurahan

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Busyro juga menyatakan semangat Idul Fitri 1441 H harus tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi. Dengan demikian, spirit keagamaan di kota keris akan terus menggema.

“Untuk itulah ketika ada wabah Covid-19 takbir online kita laksanakan, karena itu memang jelas hukum atau aturannya, karena kondisinya memang tidak sama dengan sebelum wabah virus Corona ini terjadi,” ujarnya.

Dalam acara yang disiarkan secara langsung di platform media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat itu juga tampak diikuti oleh sejumlah pondok pesantren.

Baca Juga:  Naik Kelas, Pemkab Sumenep Raih 'Anugerah Parahita Ekapraya' Tingkat Madya

“Dalam menjalankan ibadah salat Idulfitri ini, kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker, di rumah saja dan rajin cuci tangan,” pesan Bupati dua periode.

Sementara itu, acara gema takbir virtual di masing-masing pendopo kecamatan juga tampak khidmat. Acara yang diikuti oleh Forkopimka tersebut bersinergi dengan organisasi kemasyarakatan seperti MWC NU, Muhammadiyah, Kepala Desa dan Pengasuh Pondok Pesantren. Dimulainya gema takbir online ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati.

“Secara teknis Diskominfo Sumenep telah menyiapkan jaringan di setiap OPD maupun kecamatan untuk bergabung dalam kegiatan itu, termasuk masyarakat bisa bergabung melalui channel Youtube Kominfo Sumenep,” tambah Kepala Dinas Kominfo Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya. (die/bil)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment