Tahanan Polsek Kabur di Jember, Satu Pelaku Menyerahkan Diri ke Polisi

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Tahanan Polsek Kabur di Jember, Satu Pelaku Menyerahkan Diri ke Polisi

Foto: Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo saat konferensi Pers di Mapolres Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Kejadian dua orang tahanan kabur di Mapolsek Tanggul terjadi saat siang hari, Selasa 27 Desember 2021 kemarin. Terkait peristiwa tersebut, Anggota polisi di Mapolsek Tanggul berkoordinasi dengan Polres Jember langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Dari keterangan yang disampaikan oleh warga sekitar Polsek Tanggul, terkait kaburnya dua tahanan tersebut. Warga sempat menyapa para tahanan itu.

Namun karena tidak menaruh curiga, kedua tahanan kabur itu berlalu begitu saja usai menyapa warga.

Dari proses pengejaran yang dilakukan polisi, kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, dari dua tahanan kabur itu, satu diantaranya telah diamankan polisi. Saat ini kembali mendekam di ruang tahanan Polsek Tanggul.

Baca Juga:  Merasa Ditipu hingga Ratusan Juta, Seorang Janda Laporkan Oknum Pengacara ke Polres Jember

“Kita sudah berupaya melakukan pengejaran, kita juga menghimbau keluarga agar para pelaku menyerahkan diri. Dari kejadian tersebut, satu orang diantara dua tahanan kabur itu telah diamankan di Mapolsek Tanggul. Sedangkan satunya lagi masih dalam pengejaran,” kata Hery saat dikonfirmasi di Mapolres Jember, Kamis (29/12/2022).

Untuk satu tahanan kabur yang berhasil diamankan itu, katanya, setelah yang bersangkutan menyerahkan diri ke polisi.

“Untuk satu yang kita amankan, setelah kita berikan imbauan ke keluarga untuk menyerahkan diri ke Polsek Tanggul. Akhirnya hal itu dilakukan, pelaku (satu orang tahanan kabur) itu saat ini sudah kembali mendekam di sel Mapolsek Tanggul,” ujarnya.

Baca Juga:  Jember Fashion Carnaval 2021: Usung Tema Virtue Fantasy, Digelar Secara Hybrid

Terkait kronologi kejadian kaburnya dua orang tahanan di Mapolsek Tanggul itu. Hery menjelaskan, diduga ada unsur kelalaian dari petugas jaga di Mapolsek Tanggul.

“Untuk kronologi kejadian, saat yang bersangkutan selesai dibesuk. Kemudian dimasukkan ke dalam sel. Tapi kemudian diduga ada unsur kelalaian yang dilakukan anggota. Tahanan ini membuka kunci yang ada di sel itu, kemudian naik ke atas (atap bangunan Polsek Tanggul), melalui plafon ruang besuk tahanan,” jelasnya. Sehingga mengakibatkan kejadian tahanan kabur ini.

Dari informasi yang dihimpun wartawan, dari anggota polisi yang enggan disebutkan namanya. Kedua orang tahanan kabur itu berinisial DF warga Dusun Curah Putih, Desa Patemon, Kecamatan Tanggul.

Baca Juga:  Semarak HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Jember Adakan Berbagai Lomba

Sedangkan satu lagi, berinisial SM warga Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul. Kedua pelaku sama-sama warga Jember. Tahanan kabur berinisial SM ini, yang menyerahkn diri ke polisi.

“Sehingga kami masih melakukan pengejaran, terhadap satu orang tahanan kabur lainnya. Kedua orang tahanan yang kabur itu, terlibat kasus pencurian handphone,” pungkas Kapolres Jember. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment