Pj. Gubernur Jatim Tekankan Satpol PP Bertugas Sesuai SOP, Juga Humanis

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Pj. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono saat Puncak perayaan HUT ke-76 Satpol PP, HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), di Kabupaten Jember, Rabu (6/3/2024).

Foto: Pj. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono saat Puncak perayaan HUT ke-76 Satpol PP, HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), di Kabupaten Jember, Rabu (6/3/2024).

JEMBER, (WARTA ZONE) – Puncak perayaan HUT ke-76 Satpol PP, HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), digelar di Kabupaten Jember, Rabu (6/3/2024).

Berpusat di Stadion JSG, Kecamatan Ajung, Jember. Acara yang dikemas dengan kegiatan Upacara Gelar Pasukan tersebut.

Dihadiri langsung oleh Pj. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono, dan diikuti oleh seluruh anggota Satpol PP, Pemadam Kebaran dan Penyelamatan, juga Satlinmas se Jawa Timur.

Terkait acara tersebut, Adhy menitipkan pesan dan memberi apresiasi kepada seluruh anggota Satpol PP, Pemadam Kebaran dan Penyelamatan, juga Satlinmas se Jawa Timur.

Baca Juga:  Mobil Pick Up Angkut Belasan Buruh Tani di Jember Terperosok Masuk Sawah

Dengan dapat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama tahapan proses Pemilu 2024.

“Ini tahun yang sungguh luar biasa, Satpol PP dengan Satlinmas, yang tugasnya untuk ketertiban dan keamanan masyarakat. Sudah teruji kemarin. Ini apresiasi (juga) dari Pak Mendagri, Bahwa selama proses pemilu, yakni pilpres, pileg, tanggal 14 kemarin dari awal sampai akhir. Dapat berjalan dengan baik kondusif, damai, dan aman,” kata Adhy saat dikonfirmasi usai acara.

“Bagaimana kita melihat Satpol PP dan Linmas berperan aktif. Mulai dari pengamanan logistik, pengamanan kotak suara. Hingga saat ini, yang masih belum selesai. Mereka juga bertugas, betul-betul menjaga TPS 2 orang. Maka hasilnya pemilu bisa berjalan dengan damai, aman dan tertib,” sambungnya.

Baca Juga:  Serukan Toleransi Antar Umat Beragama, Bupati Jember Buka Rapat Pleno MAG

Namun demikian, terlepas dari proses Pemilu 2024 yang dinilai dapat berjalan lancar. Adhy juga menitipkan pesan terkait SOP dari kegiatan yang dilakukan oleh Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan, maupun Satlinmas.

“Tadi pesan saya dan pesan pak Mendagri juga. Satpol PP sebagai tanggungjawab kemanan dan profesional, juga harus humanis. Nah ini yang akan kita tegaskan lagi. Bahwa profesional dalam hal SOP, tapi humanis itu juga penting,” ujarnya.

“Karena mereka garda terdepan di masyarakat. Ketika ada persoalan di lapangan, maka dikedepankan bagaimana Hak Asasi Manusia (HAM), kemudian pelayanan kepada masyarakat yang manusiawi. Itu yang membuat wajah pemerintah di depan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pergantian Ketua HKTI Jember, Ada Dua Calon Kandidat Kuat untuk Kawal Kepentingan Petani

Dengan banyaknya tanggapan atau komentar miring soal kinerja Satpol PP, Damkar dan Oenyelamat, maupun Satlinmas. Lanjut Adhy, jangan sampai membuat tugas dan pelayanan menjadi tidak optimal.

“Oleh karena itu. Tidak ada tindakan yang sewenang wenangan di luar SOP, untuk pelayanan masyarakat yang harus lebih manusiawi,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment