Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang Kedatangan Ronaldo, Robot Penangkal Omicron

0 Komentar
Reporter : Mohammad Yadi
Foto: Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang menerima bantuan alat canggih berupa mesin robot Ronaldo (Robot Nangkal Covid Omicron), dari BNI.

Foto: Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang menerima bantuan alat canggih berupa mesin robot Ronaldo (Robot Nangkal Covid Omicron), dari BNI.

SURABAYA, (WARTA ZONE) – Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang menerima bantuan satu alat canggih dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Penyerahan dihadiri oleh Kabiddokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwinn Zainul Hakim dan Kabid TIK Polda Jatim Kombes Pol Adewira Negara Siregar.

Mesin robot dengan nama Ronaldo (Robot Nangkal Covid Omicron) itu, memiliki tinggi 1,5 meter dilengkapi dengan empat rak secara bersusun yang bisa membawa banyak barang maksimal 50 kilogram.

Robot ini berguna membantu para perawat dan Dokter untuk meminimalisir kontak dengan pasien covid-19 yang sedang menjalani isolasi.

Baca Juga:  1 Jenazah Korban Semeru Teridentifikasi, 8 Jenazah Masih Misterius

“Tentunya dengan adanya mesin robot ini fungsi dari penggunaan APD bisa dikurangi, seperti kebutuhan untuk memeriksa, memberikan obat, dan makan kepada pasien sehingga meminimalisir tenaga kesehatan terpapar covid-19,” kata Kombes Pol Erwin.

Erwin pun menjelaskan salah satu kemampuan dari robot ini yakni dapat berkomunikasi dengan pasien.

Selain itu, robot ini juga cukup komunikatif dalam menerima keluhan dan kebutuhan daripada pasien di ruangan.

“Diharapkan ke depan akan ada pengembangan fungsi dari robot ini sehingga lebih komplek dan dikembangkan di semua RS Bhayangkara di Jatim,” tuturnya.

Baca Juga:  Seorang Warga Lumajang Jadi Korban Kapal Karam, Kapolres Kirim Tim Dukung Psikologis Keluarga

Sejatinya pembuatan robot ini sudah digagas pada awal pandemi. Namun, biaya yang diperlukan tidak sedikit sehingga baru terwujud berkat support dana dari BNI.

Pengerjaan robot Ronaldo ini dibantu oleh Tim Politeknik ITS dengan disesuaikan ide-ide dari RS Bhayangkara. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment