Pemkab Jember Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di Mall, Begini Syaratnya

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat memberikan sambutan pembukaan gerai layanan vaksinasi Covid-19, di Lippo Mall Jember.

Foto: Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat memberikan sambutan pembukaan gerai layanan vaksinasi Covid-19, di Lippo Mall Jember.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten Jember, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, membuka layanan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (Lansia) dan pra lansia di Lippo Mall Jember. Dengan persyaratan cukup datang dan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Gerai layanan vaksinasi dibuka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun), turut hadir Dandim 0824 Letkol (Inf) La Ode Mohammad Nurdin, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, serta beberapa perwakilan Forkopimda Jember lainnya, Kamis (17/6/2021) sore.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jember Wiwik Supartiwi menyampaikan, adanya gerai layanan vaksinasi Covid-19 di mall ini, adalah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi bagi lansia dan pra lansia.

“Hingga saat ini, cakupan vaksinasi lansia di Jember masih rendah, yakni sekitar 14 persen dari 117.357 sasaran,” ucap Wiwik saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di sela peresmian.

Baca Juga:  PMII Jember Turun Jalan, Beri Catatan Merah Satu Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wabup

Kemudian, untuk layanan di tempat publik yakni di Mall ini, lanjut Wiwik, dibuka mulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB setiap harinya.

“Caranya sangat mudah, mereka cukup datang bawa KTP langsung kita layani. Disini ada 5 rumah sakit yang bergerak memberikan layanan,” ujarnya.

“Untuk target setiap harinya antara 750 sampai 1.000 sasaran,” sambungnya menjelaskan.

Selanjutnya, untuk mencapai target 100 persen, katanya, dilakukan upaya percepatan dan kolaborasi dengan semua pihak. Salah satunya di lokasi tempat publik dan dunia usaha.

“Sehingga kita membuka gerai pelayanan di Mall ini, dan juga selain itu kita juga dibantu oleh TNI dan Polri. Dengan adanya pelayanan di tiap-tiap polsek dan Koramil, target per hari 100 orang khususnya Lansia dan Pra Lansia. Selama dua hari ini cukup berjalan,” katanya.

“Bahkan juga kita ada program, bagi yang membawa dua orang lansia, juga ada Vaksinasi Covid-19 gratis yang kita berikan bagi yang membawa ke kita,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kepala Tim Wasev dan Pemkab Jember Awasi Langsung Kegiatan TMMD ke-117 di Desa Klungkung

Wiwik menambahkan, nantinya terkait dibukanya layanan vaksinasi Covid-19 di fasilitas umum itu, supaya tidak lama menunggu.

“Ke depan kalau ini responnya bagus kita akan sediakan di mal-mal atau fasilitas umum lainnya. Yang kemudian bisa dilakukan fasilitas drive thru. Sehingga mereka terlalu lama menunggunya. Untuk drive thru nantinya juga ada di Kodim 0824 Jember, dan juga Puskesmas Sumbersari yang jalan,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, adanya layanan Vaksinasi Covid-19 di Mall atau fasilitas umum itu, adalah bagian dari pelayanan yang dihadirkan Pemerintah daerah.

“Untuk melayani dan mempermudah. Sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan Vaksinasi,” ucap Hendy saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Baca Juga:  Seluruh Pasar di Jember Akan Dibenahi Bertahap, Ini Janji Bupati Hendy

Hendy juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Kita harus sama-sama memutus tali rantai Covid-19 di Kabupaten Jember dengan cara 5M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” ulasnya.

“Kita harus saling bertanggungjawab bersama, bahwa Covid-19 ini masih ada. Jumlahnya berapa gak tau, dan dimana tempatnya gak tau juga. Makanya Covid-19 ini bisa segera hilang, bisa terputus mata rantainya kalau kita peduli semua dan mematuhi Prokes itu,” sambungnya.

Hendy menambahkan, terkait layanan vaksinasi Covid-19 itu, ada 91 tempat di Kabupaten untuk bisa melakukan vaksinasi.

“Kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, kita saling memberitahu satu sama lain. Di rumah sakit sudah ada, puskesmas juga, dan fasilitas umum yang menyediakan layanan Vaksinasi,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment