Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Jember Gelar Jelajah Wisata dan Funcamp

0 Komentar
Reporter : Nur Imatus Safitri
Foto: Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) saat memberikan sambutan dalam acara jelajah 'Wisata and Funcamp' di Agrowosata Boma Gunung Pasang, Kecamatan Panti.

Foto: Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) saat memberikan sambutan dalam acara jelajah 'Wisata and Funcamp' di Agrowosata Boma Gunung Pasang, Kecamatan Panti.

JEMBER, (WARTA ZONE) – Pemerintah Kabupaten Jember menggelar jelajah ‘Wisata and Funcamp’ bertempat di destinasi Agrowosata Boma Gunung Pasang, Kecamatan Panti, Sabtu (19/6/2021).

Upaya tersebut dilakukan agar membangkitkan sektor perekonomian.

Dalam acara tersebut, diresmikan oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Turut dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Plt. Kepala Kominfo, Plt. Direktur PDP, serta Camat dan Muspika daerah setempat.

“Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan program Pemerintah, yaitu ‘Desa Pintar’. Dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya mengoptimalkan pengelolaan pariwisata. Sehingga tetap mengikuti aturan dan prosedur yang ketat,” ucap Gus Firjuan saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di sela peresmian.

Baca Juga:  Penertiban Atribut Baliho di Jember Tuai Kritik

Pihaknya berjanji akan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Jember, khususnya sektor pariwisata.

Gus Firjaun juga mendorong seluruh Kepala Desa agar terus bergerak untuk terus berinovasi dalam membangun desanya masing-masing.

“Tentunya wilayah Jember tidak hanya dataran tinggi, ada dataran rendah, pantai. Lokasi-lokasi bersejarah, memiliki nilai-nilai religius, dan macam-macam. Ini kekayaan Jember, tersebar di 31 kecamatan, terlebih di kurang lebih 248 desa,” ulasnya.

“Jadi ayo para Kades lainnya untuk berinovasi, kembangkan potensi desanya. Jika suatu kaum ingin berubah nasibnya, harus dimulai dari mengembangkan potensi dari diri sendiri dulu. Kita pemerintah mendorong untuk ikut mengembangkan,” sambungnya.

Baca Juga:  Pemkab Jember Gelar Apel Kesiapan Pilkades Serentak di 59 Desa

Kegiatan itu diikuti 100 peserta, dan sudah menerapkan protokol kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember Deborah Kresnowati mengungkapkan, tujuan digelarnya acara tersebut agar masyarakat mencintai Jember dan bersahabat dengan alam. Di samping itu, tentu untuk menggairahkan sektor pariwisata.

“Sebab selama ini, sektor pariwisata cukup terpukul akibat Covid-19, dan kami berharap dengan kegiatan untuk menghidupkan lagi gairah pariwisata di Kabupaten Jember,” ujarnya.

“Yang dimulai dari wilayah-wilayah desa, agar terus bergerak dan berinovasi,” tandasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment